God of Study (Dragon Zakura-Manga)

Ini dia salah satu drama korea yang menurut saya bermutu dan patut untuk ditonton. K-Drama ini menceritakan tentang perjuangan lima murid yang sedang duduk di bangku kelas 3 SMA. Perjuangan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi paling terkenal di Korea (Chun Ha University). Uniknya, kelima murid ini adalah murid dari sekolah yang sudah di cap sebagai sekolah terparah dengan murid-murid yang parah juga pastinya. Saya sebut parah karena sekolah itu memang tidak pantas disebut sebagai sekolah. Selain siswanya yang tidak berniat sama sekali untuk belajar, guru-guru di sekolah itu juga sudah kewalahan dalam menghadapi kenakalan murid-muridnya sehingga semangat belajar mengajar pun tidak ada. Dengan keadaan sekolah yang seperti itu, menyebabkan timbul ancaman dari pihak lain untuk membubarkan sekolah tersebut.

Situasi berubah ketika muncul seorang pengacara lulusan sekolah tersebut yang berencana untuk mengubah sekolah busuk itu menjadi sekolah favorit, terkenal dan bermutu di Korea. Jalan satu-satunya adalah dengan memasukkan beberapa siswa tiap tahunnya ke Universitas Chun Ha dan tahun pertama dia berniat untuk memasukkan 5 siswa ke univ tersebut. Melihat kaeadaan sekolah itu, pihak sekolah pun menganggap pengacara itu sudah gila termakan obsesinya sendiri, pernyataan 'mana mungkin' 'tidak setuju' 'keluar saja kau' selalu dilontarkan kepadanya. Namun dengan tekad yang kuat dan sifat keras kepalanya itu, dia tetap berusaha untuk mewujudkan apa yang dia inginkan.

Langkah awalnya adalah dengan membuat kelas khusus yang terdiri dari 5 murid yang berniat untuk belajar sungguh-sungguh dan ingin melakukan perubahan dalam hidupnya. Di dalam cerita, si pengacara benar-benar kesulitan dalam mencari 5 murid tersebut. Namun akhirnya, setelah melalui berbagai macam rintangan yang menghadang (halah) dia mendapatkan kelima murid itu. Mereka adalah..



Hwang BaekHyun adalah pemimpin grup ke-5 murid itu. Dia keras kepala dan seorang troublemaker. Kehilangan kedua orang tuanya, ia tumbuh di tangan neneknya. Selama ini di seluruh hidupnya, ia tidak memiliki tujuan apa pun dalam hidupnya ,hingga ia dapat menjadi anak laki-laki yang keras kepala dan tangguh di luar, tapi sebenarnya dia adalah cucu laki-laki yang mencintai neneknya. Dan untuk neneknya, bersedia melakukan apa pun untuknya.







Gil PulEp seorang yang tulus dan jujur tapi tidak tekun. Dia tinggal bersama ibunya yang mengelola toko minuman kecil. Dia menghadapi masalah saat merawat ibunya, yang memimpikan cinta yang tidak realistis. Dia bekerja keras, tapi sedih ketika nilai-nilainya tidak mencerminkan usahanya.













Hong ChanDoo komikal karakter.Dia tidak pernah belajar karena ia terlalu cinta dengan musik dan berdansa. Anggota keluarganya semua sangat pintar dan berbakat, ia pemuda yang tidak mudah khawatir.














Na HyunJung adalah seorang shopaholic yang tenang dan santai, hanya dia yang tidak punya tujuan. Dia sangat menukai BaekHyun dan dia sempat cemburu kepada Gil PulEp ketika BaekHyun dekat dengannya (yaah yang namanya drama pasti ada asmaranya jugaa :s)











Oh BongGoo adalah seorang yang pemalu dan tidak mau menonjolkan dirinya.
Dia hidup damai dengan keluarganya yang memiliki restoran BBQ. Dia selalu terbuka di sekitar rumah, tapi ketika dia keluar ke suatu tempat, ia tiba-tiba berubah menjadi orang yang pemalu yang hampir tidak terlihat bahkan di sekitar sekolah.










Itulah kelima murid yang bersedia untuk belajar dari pagi sampai pagi lagi, mengulang belajar dari SD - SMA (nilai mereka buruk sekali saat itu), melakukan kamp sekolah selama berhari-hari, mengerjakan soal beratus-ratus(ribu mungkin) lembar soal matematika dan lain sebagainya. Dalam film itu digambarkan sangat jelas sekali semangat belajar mereka.

Selain itu, mereka juga mendapatkan guru-guru baru yang sangat profesional menurut saya. Guru-guru itu memiliki metode yang unik dalam mengajar. Guru matematika yang super duper killer yang tidak ada habis-habisnya memberikan soal dan selalu memberi hukuman apabila tidak mendapatkan nilai sempurna, Guru bahasa inggris yang menggunakan metode menari dan bernyanyi dalam pelajarannya(sangat aneh tapi berhasil), guru bahasa korea yang terlihat berwibawa sekali dan menyuruh muridnya untuk membaca buku semacam novel dengan cepat, guru ilmu alam yang gagap kayak aziz gagap hhoho tapi yang ini pinter memberi metode yang cemerlang dalam menghafal. Keren lah pokoknya. Saya rekomendasikan anda untuk menonton drama korea yang satu ini.. ha ha


2 comments:

PurpleCollection said...

hi, u have a nice blog to read! keep on blogging!

Mavarta said...

Hmm...when I first knew about this drama...I can't help thinking about Juken no Kamisama (God of Exam). Japanese drama with a quite similar storyline and makes me think, could this K-drama based on Juken no Kamisama? In the end of your article, there are clues about the teacher that makes me think about Juken no Kamisama even more!!!
But I think I'll give this drama a try...soon...

Post a Comment