Persiapan Menghadapi Ujian BasDat

Minggu ini saya sedang menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) dan besuk adalah ujian Basis Data. Dosen Basis Data saya, Ibu Nur Hasanah, ST, pada akhir pertemuan kemarin beliau memberikan kisi-kisi ujian, yaitu materi yang akan diujiankan hanya mencakup DDL, DML dan Normalisasi (Alhamdulillah^^). Malam ini(ini atau itu ya?) saya sedang memahami materi tersebut dan saya juga mengerjakan soal latihan. Tapi saya sendiri masih ragu benar atau salah jawaban saya. Oleh karena itu, saya posting artikel(atau apalah) seperti ini agar semoga ada yang membenarkan jika ada yang salah. Sekalian menghafal. :)

Soalnya seperti ini:

Buatlah tabel dari ERD di bawah ini!



Jawaban saya seperti ini..


Create table Praktikan(NIM char(5) constraint pn_pk primary key, Nama varchar (30), NoTelp number(10));

Create table Praktikum (KodePr char(5) constraint pr_pk primary key, NamaPr varchar(30), KodeLab char(5) constraint pr_fk references Lab (KodeLab));

Create table mengambil (id_mengambil char(2) constraint m_pk primary key, Nilai number(3), KodePr char(5) references Praktikum (KodePr), NIM char(5) references Praktikan (NIM));

Create table Lab (KodeLab char(5) constraint lab_pk primary key, NamaLab varchar(10));

Semoga jawaban saya di atas benar. Jika salah tolong beritahu saya!!

Sekalian menghafal DML ma Normalisasi di sini lah :p Namanya juga menghafal jadi tanpa melihat buku(file) jadi kalau ada salah-salah kata mohon maaf. Sukur-sukur ada yang membenarkan malah hhehe

Insert into Lab (KodeLab, NamaLab) values(‘52332’, ‘Basis Data’);

Update Lab set NamaLab = ‘Multimedia’ where NamaLab = ‘Basis Data’;

Delete from Lab where NamaLab = ‘Basis Data’;

Normalisasi adalah proses mengubah suatu tabel yang bermasalah menjadi dua tabel atau lebih menjadi tabel tanpa permasalahan tersebut.

Aturan normalisasi dalam bentuk normal (aturan yang harus dikenakan dan dipenuhi oleh suatu tabel yang memenuhi level normalisasi)

Bentuk normalisasi ada 3, yaitu:

Bentuk normalisasi pertama (1NF) : suatu tabel dikatakan memenuhi bentuk normalisasi pertama jika suatu kolom bernilai tunggal untuk setiap baris.

Bentuk normalisasi kedua (2NF) jika : tabel dalam bentuk normal pertama, untuk kolom yang bukan primary key tergantung sepenuhnya terhadap primary key, kolom yang bukan primary key bernilai sama untuk nilai primary key yang sama.

Bentuk normalisasi ketiga(3NF) jika : dalam bentuk normal kedua, setiap kolom yang bukan primary key tidak ada hubungan transisi terhadap primary key.

Bismillah semoga saya dapat mengerjakan soal ujian dan semoga jawaban saya benar semua. Amin...

0 comments:

Post a Comment