Alur, Filter dan Problema Cerita Panjang

Saat serial manga ke layar kaca banyak fans yang mempertanyakan satu hal: seberapa dekat ceritanya dengan serial manganya?

Sebagian besar fans ingin animenya sama persis dengan manga, tapi banyak serial yang berdurasi panjang yang mengalami perubahan drastis dan perubahan tersebut biasanya terjadi di tengah serial itu.

Karena anime biasanya lebih cepat daripada manganya ada masalah yang dihadapi para produser saat tiba di titik cerita di mana serial manganya tengah berada. Pilihannya membuat ending khusus untuk anime atau membuat alur cerita baru yang sering disebut filter – untuk memberi kesempatan mendapatkan cerita baru dari manga.


Saat cerita shonen hit Naruto dan Bleach mencapai titik yang sama dengan manganya, keduanya menciptakan alur yang tidak berhubungan sama sekali dengan alur cerita utamanya. Bleach berfokus pada satu alur cerita yang berlangsung selama 40 episode dan menyertakan beberapa tokoh baru yang muncul di ceritanya setelah kembali ke cerita aslinya. Sedangkan Naruto menghadirkan beberapa alur cerita pendek berlangsung selama lebih dari 80 episode dan mengakhiri serial ini kemudian membuat awal baru dengan serial Naruto: Shippuden.

Banyak fans yang bertanya, mengapa tidak menunggu sampai manganya selesai baru membuat animenya? Pasar anime sangat kompetitif dan jika sebuah studio menunggu hingga sebuah serial manga selesai, studio lain akan mendahuluinya mendapatkan lisensi manga itu. Karena tidak ada jeda antara season di TV Jepang dan jarang melakukan penayangan ulang, tidak ada waktu untuk menunggu cerita baru di serial manga.

Meski adanya kebutuhan untuk membuat alur filter, hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan di mata fans. Filter memungkinkan terus berlanjutnya anime tanpa perlu menunggu kelanjutan cerita manganya. Filter Naruto yang berlangsung setahun lebih dengan plot aneh yang banyak mengandung lawakan kekanak-kanakan, membuat fansnya menuntut kemunculan plot orisinilnya. Dalam Bleach, penjahat kelas dua yang muncul tidak terkesan mengancam, karena penjahat serial manganya masih ada.

Sering kali para animator bekerjasama dengan manga untuk menciptakan cerita baru yang berbeda tapi tidak bertentangan dengan event yang akan muncul dalam manga – tapi tetap ada fans yang tidak puas. Karena semakin banyak anime berdasarkan serial manga yang memiliki cerita panjang – filter menjadi bagian penting anime.



anime insider

2 comments:

Muh. Nahdhi A. said...

Sik seneng Mangga toh....
Eh yo, form comment-nya mbok ditambahi biar bisa kirim komentar tanpa harus login gugel sik. aku pake custom domain+hosting je....

Zeemy said...

@Muh. Nahdhi A.
cara nambahinnya gmana maz??? masih newbie je.. ^

Post a Comment