Ningbo University


Ningbo University terletak di kota pelabuahan tertua, Ningbo, China. Pada tahun 2005 kota ini dinobatkan sebagai kota pelabuhan tersibuk peringkat 4 dunia. Daya tarik kota ini dapat dilihat dari keindahan bangunan arsitektur campuran Belanda – Inggris dan mulai tahun 2005 kota ini menjadi surga bagi anak muda.


Universitas Ningbo merupakan satu-satunya Universitas Negeri di kota pelabuhan itu, jadi tidak heran jika banyak yang berminat belajar di sana. Mahasiswa internasional yang memuntut ilmu di universitas itu ada sekitar 200 mahasiswa dari 40 negara dan program yang paling banyak diminati oleh mahasiswa asing adalah MBA (Masters of Business Administration). Program MBA bekerja sama dengan Universitas Canberra, Australia. Bahkan dosennya pun langsung didatangkan dari universitas terkemuka di Australia itu. Bagi mereka yang lulus dari program ini, mereka mendapatkan 2 ijasah / double degree dari Canberra dan Ningbo.

Kampus ini mempunyai lahan yang amat sangat luas bahkan setiap jalan di sana diberi nama dengan tokoh-tokoh pendidikan. Di area kampus tersebar mesin minuman, cukup memasukkan koin seharga 1 yuan (senilai dengan 1500 rupiah) dan kurang dari satu menit anda bisa mendapatkan secangkir kopi hangat. Kampus ini juga memiliki kantin besar. Di sana terdapat sebuah kantin khusus untuk mereka yang beragama Islam. Banyak menu makanan yang disajikan, dari yang berkuah sampai yang digoreng. Makanan di sana sangat cocok bagi kantong mahasiswa, rata-rata seharga 10 – 15 ribu rupiah. Cara membayarnya pun sangat praktis, hanya dengan menggunakan student card yang cara kerjanya hampir sama seperti kartu kredit. Halal, enak, bersih dan terjangkau, mungkin itu yang anda rasakan ketika makan di sana.

Cukup banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan belajar di sana. Mereka mendapatkan program beasiswa dan fasiilitas berupa asrama gratis selama satu tahun. Fasilitas di asrama tersebut juga sangat mencukupi, dengan adanya penjaga dan kamera cctv keamanan di asrama tersebut pun terjamin.

Bagi anda yang ingin melanjutkan belajar di China, bisa mendapatkan infonya disini.

3 comments:

agligator said...

Lha kok ndak pernah ada yang mebahas MSU (Lomonosov) ya?

Z said...

@agligator
wah klo saya sih masih belum tau soal MSU..

frisca said...

masjid terdekat dr kampus ada dimana? tx

Post a Comment